//
you're reading...
Kesehatan

Kulit Pisang Dapat Jadi Obat,Ingin Tahu Cara Prosesnya?

kulit pisang dapat menjadi obat

detik

Hasil penelitian dari 3 mahasiswa Unibraw di malang telah menjadikan bahwa limbah kulit pisang menjadi obat mereka dari Fakultas Tehnologi Pertanian Kampus Brawijaya (FTP Unibraw), Malang, Jawa Timur, cara mereka mengekstrak zat pektin dari kulit pisang itu. ingin tahu cara prosesnya?

Ketiga mahasiswa itu Lukman Azis (21), Nisa Alfilasari (20) serta Clara Arha (20) semula memunguti kulit pisang sebagai limbah, baik di tukang gorengan ataupun dari agroindustri di Batu, Malang.

Limbah kulit pisang yang sudah disortasi cukup diriss kecil untuk lalu dikukus sepanjang 10 menit. Step setelah itu yaitu pengeringan serta penepungan. Tepung inilah yang lalu diekstraksi dengan cara padat-cair kepada suhu 90 Celcius memakai pelarut asam dari jeruk.

Hasil ekstraksinya adalah bahan basic pembuatan masrshmallows dengan kata lain permen kenyal. Kemudian sistem pemanasan untuk memperoleh kepekatan yang sesuai sama kompor umum. Step paling akhir yaitu pemurnian serta pengendapan dengan alkohol 70% serta 96%, penyaringan pektin telah siap dipakai.

” Sistem pembuatan pektin ini dapat cukup gampang serta bisa dikerjakan dengan memakai peralatan rumah tangga umum, ” papar Lukman waktu terlibat perbincangan dengan detikcom, Selasa (15/7/2014).

Setiap 3, 5 kg limbah kulit pisang, dapat membuahkan 500 gram tepung pisang. Setiap 25 gram tepung pisang dapat membuahkan 4-5 gram pektin.

Permen kenyal yang memiliki kandungan pektin ini lalu diujicobakan kepada tikus-tikus percobaan yang telah diinjeksi kandungan kolesterol tinggi sampai menderita jantung koroner. Dapat dibuktikan kandungan kolesterol kepada tikus-tikus itu sesudah mengonsumsi marshmallow berpektin jadi turun kolesterolnya

” Riset tunjukkan bahwasanya konsumsi pektin memiliki bahan limbah kulit pisang sepanjang dua minggu dapat turunkan kandungan kolesterol hingga 52 %, ” terang Lukman.

Sampai kini Indonesia mengimpor pektin sampai berton-ton tiap-tiap tahunnya. Walau sebenarnya harga pektin mahal, Rp 1 juta per gramnya. Mengekstrak pektin dari kulit pisang dapat menghimpit harga pektin jadi Rp 12 ribu per gram.

Hasil dari riset dibawah tuntunan dosen Nur Ida Panca STP, MP ini bakal dinilai Ditjen Dikti yang pemenangnya bakal diumumkan Agustus 2014 kelak. Lukman dkk ini dapat merencanakan mempresentasikan penemuannya dalam konferensi ilmiah di satu universitas di AS kepada November 2014 kelak. Dia juga mengharapkan temuannya dapat dimuat di jurnal ilmiah internasional.

” Ini adalah penemuan teranyar, untuk kesehatan yang akan datang dapat kerjasama dengan pihak berkenaan industri pangan atau pemrosesan obat turut bantu kami supaya dapat di pasarkan dengan cara meluas oleh orang-orang umum. Sebagian pihak di Fakultas Kedokteran (Unibraw) telah ada yang mau menolong untuk menghasilkan massal, ” ungkap Lukman.(baca detik com)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: