//
you're reading...
Teknologi

10 Tank Terbaik Dunia di Gunakan Dalam Pertempuran

Tank atau Kendaraan tempur lapis baja diklasifikasikan menurut perannya dan karakteristiknya. Namun klasifikasi ini tak senantiasa sama ; sebagian negara dapat mengklasifikasikan suatu kendaraan dengan cara tidak sama dari negara lain, tergantung penggunaannya.
Tank, sering digunakan untuk pertempuran garis depan, yang menggabungkan mobilitas operasional dan kemapuan ofensif serta defensif taktis, Kekuatan suatu tembakan ditentukan oleh besarnya kaliber meriam utama dan senapan mesin berputar yang dikubah tank, sedangkan pada bagian Armor memberikan perlindungan untuk awaknya, Tank ini berfungsi sebagai kendaraan tempur berat, untuk media utama transportasi militer.

dari jenis dan kegunaannya tank dapat dikategorikan menjadi:

Main battle tank yaitu kendaraan lapis baja, yang bergerak memakai roda tapak. Ciri utama MBT yaitu pelindungnya yang umumnya yaitu susunan baja yang berat, senjatanya yang disebut meriam besar, dan mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di semua medan. Walau tank yaitu kendaraan yang mahal serta memerlukan persediaan logistik yang banyak, tank yaitu senjata paling tangguh serta serba-bisa pada medan perang moderen, karena kemampuannya untuk menghancurkan tujuan darat apa pun, serta shock value-nya pada infanteri. contoh pada Tank Leopard 2 Jerman.

Pengangkut personel lapis baja (bhs Inggris : Armoured personnel carrier atau APC) yaitu kendaraan tempur lapis baja ringan yang di buat untuk mentransportasikan infanteri di medan perang. APC umumnya cuma dipersenjatai senapan mesin, namun varian-variannya mungkin dipersenjatai meriam, peluru kendali anti-tank, atau mortir. Kendaraan ini sesungguhnya tak dirancang untuk lakukan pertarungan segera, tetapi untuk membawa tentara dengan cara aman dilindungi dari senjata mudah serta pecahan-pecahan ledakan. APC dapat memakai roda umum ataupun roda rantai. contoh pada BTR-80 Rusia di Zvornic, Serbia

Kendaraan tempur infanteri (bhs Inggris : Infantry fighting vehicle atau IFV) yaitu pengangkut infanteri lapis baja yang mempunyai persenjataan yang lebih berat, serta dapat dipakai untuk pertarungan segera. Kendaraan ini mempunyai susunan pelindung yang lebih tidak tipis dari pengangkut personel lapis baja, serta mempunyai persenjataan yang dapat menghancurkan pengangkut personel lapis baja lawan, seperti meriam automatis serta peluru kendali anti-tank.
Kendaraan seperti ini telah digunakan untuk menukar peran tank mudah, dipakai untuk pengintaian, dan digunakan juga oleh unit penerjun payung yg tidak barangkali membawa tank yang berat. contoh pada Kendaraan tempur infanteri M2 Bradley.

Panser disebut penghancur tank (bhs Inggris : Tank destroyer), dipakai untuk berikan support melawan tank pada operasi bertahan atau mundur. Kendaraan ini dapat dipersenjatai meriam anti-tank atau peluru kendali anti-tank.
Penghancur tank ini tak dapat menukar tank, lantaran penghancur tank tak fleksibel seperti tank, lantaran diantaranya kendaraan ini tak mempunyai perlindungan pada infanteri yang baik. Namun kendaraan ini lebih murah untuk di produksi serta dirawat dibanding dengan tank. contoh pada NM142 Norwegia.

Tank Altileri yaitu meriam artileri yang didapatkan alat transportasi terintegrasi, yang dapat adalah tubuh kendaraan lapis baja dengan roda rantai ataupun roda umum. Ini bikin tank artileri dapat jalan dengan cepat, ikuti kecepatan peperangan lapis baja, membuatnya dapat bergerak serta meraih jarak jangkau dengan cepat, dan hindari serangan artileri balasan serta serangan senjata mudah.
Meriam serbu yaitu tank artileri yang fungsinya mensupport pasukan infanteri. Kendaraan ini umumnya dipersenjatai meriam automatis yang dapat menembakkan peluru berdaya ledak tinggi, pas untuk melawan tentara yang yang bersembunyi di parit atau pertahanan.contoh pada tank altileri berat, howitzer M109.

Nah dari beberapa jenis tank tersebut ada 10 Tank Terbaik Dunia di Gunakan Dalam Pertempuran yang penulis kumpulkan yaitu:

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: