//
you're reading...
Politik

Jokowi Ingin Masukan Dari Masyarakat Untuk Pilih Menteri

jokowi dan jk

kompas com

Presiden dipilih 2014-2019, Joko Widodo, meminta pendapat umum dalam pengaturan kabinet pemerintahannya berbarengan wakil presiden dipilih Jusuf Kalla. Aksi ini juga memetik animo dari orang-orang.

Warga menilai langkah Jokowi-JK ini untuk suatu inovasi. Rafi Fauzan, mahasiswa jurusan Pertanian dari Kampus Andalas, menyampaikan system baru ini jadikan kehendak rakyat untuk elemen utama penentuan menteri.

Rakyat terasa dihargai lantaran di beri hak untuk memastikan sendiri siapa sosok yang paling mempunyai kemampuan di bagian spesifik.

“Ini perkembangan demokrasi Indonesia. Rakyat jadi elemen yang utama. Menurut saya dengan cara pribadi, calon menteri mesti menurut kemampuan yang dipunyai, ” tutur Rafi saat didapati di lokasi Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (26/7/2014).

Walau sebenarnya, menurut Rafi, Jokowi mempunyai hak prerogatif untuk memastikan sendiri siapa yang bakal memperoleh jabatan menteri.

Rafi juga memahami ketentuan untuk memastikan menteri terus ada pada presiden dipilih. Tetapi, mengajak rakyat untuk turut pilih sebelum saat memastikan dinilai langkah yang pas.

Hal seirama juga di sampaikan oleh Amanda Restia. Mahasiswi berumur 21 th. ini menyampaikan system penjaringan masukan yang dikerjakan Jokowi dalam memastikan menteri yaitu terobosan yang bagus.

Tetapi, diakuinya sedikit mengetahui beberapa nama calon menteri yang diusulkan. Oleh karenanya, dia terasa terhalang untuk berperan serta.

“Tapi dari demikian banyak nama yang tercantum di sana, saya hanya tahu sebagian. Jadi mesti cari info lebih jauh sebelum saat berperan serta, ” tutur Amanda.

Sedikit tidak sama dengan Rafi serta Amanda, Avi Harwati, mempunyai pandangan sendiri perihal system penentuan menteri sekarang ini. Dianya menyayangkan daftar nama calon menteri yang ada sekarang ini adalah usulan dari tim berhasil Jokowi-JK.

Wanita yang bekerja untuk karyawati ini mengharapkan Jokowi serta Juiceuf Kalla bisa mengusulkan sendiri nama calon yang dinilai kompeten, profesional, serta bersih. Walaupun itu, Avi terus berasumsi system sekarang ini untuk langkah yang inovatif. Argumen intinya, lantaran rakyat terlibat dalam memastikan menteri.

“Hal terutama saat ini rakyat dapat ikut partisipasi saja. Jadi tidak pasif serta tidak hanya terima jadi, ” katanya.

Pada awal mulanya, dalam account resmi kubu Jokowi-JK di Facebook dengan nama Jokowi Center, umum disuruh berperan serta dalam berikan pandangan tentang siapa yang pas jadi pembantu presiden serta wakil presiden periode yang akan datang.

Dalam account itu, diunggah lembaran yang dinamakan Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR). Tercatat, beberapa relawan terasa butuh selalu mengawal perjalanan politik Jokowi-JK dengan beragam langkah sesudah dinyatakan untuk pemenang pilpres. Jokowi Center serta Radio Jokowi pada akhirnya mengambil keputusan untuk turut mengawal sistem penjaringan beberapa nama calon menteri yang dikira layak oleh rakyat.

Ada 34 daftar menteri yang disuruhi pendapat. Semasing pos ada tiga calon. Ada juga pilihan untuk isi sendiri nama tokoh diluar tiga calon yang ada.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: