//
you're reading...
Nasional

Ketupat, 3 Fakta Unik

ketupat dan fakta di dalamnya

Ketupat dan fakta

Kebanyakan orang pasti telah tak asing lagi dengan makanan khas Lebaran yang satu ini. Biasanya, ketupat sama dengan Hari Besar Idul Fitri yang dirayakan oleh umat muslim sesudah satu bulan penuh berpuasa. Makanan asli dari Asia Tenggara ini di buat dari beras yang dimasukkan ke anyaman daun kelapa, lalu dikukus hingga masak. Namun, tahukah anda fakta unik masalah ketupat ini?

Sejarah dan Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga yaitu orang pertama yang mengenalkan ketupat pada orang-orang Jawa. Saat itu, orang-orang Jawa mengetahui 2 x Bakda yakni Bakda Lebaran serta Bakda Ketupat untuk kebudayaan yang di ajarkan oleh Sunan Kalijaga. Bakda ketupat umumnya dikerjakan satu minggu sesudah hari lebaran, dengan berikan ketupat pada kerabat yang lebih tua untuk wujud kebersamaan umat muslim.

Lambang Kesucian serta Kesalahan

Menurut beberapa pakar budaya, ketupat mempunyai sebagian makna. Ada yang mengatakannya untuk lambang yang mencerminkan beragam jenis kekeliruan manusia yang sudah diperbuatnya, dipandang dari rumitnya anyaman ketupat itu. Ada juga yang menyampaikan bahwasanya ketupat adalah simbol kesucian hati, dipandang dari isi ketupat yang berwarna putih apabila dibelah jadi dua.

Keyakinan Tolak Bala

Beberapa orang-orang Jawa yakin bahwasanya ketupat yang digantung di pintu masuk rumah dapat jadikan untuk jimat atau mungkin tolak bala, sedang untuk orang-orang Bali ketupat jadikan untuk sesaji dalam upacara keagamaan.

Nah bila anda sendiri ingin tentukan ketupat yang mana nih?

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: