//
you're reading...
Politik

Tim Prabowo-Hatta Salahkan Kalkulator Karena Salah Hitung

salinan berkas gugatan

Salinan berkas gugatan pasangan calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menunjukkan jumlah perolehan suara versi mereka.

Anggota tim hukum pasangan calon presiden serta wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Maqdir Ismail, menilai kekeliruan dalam isi dokumen tuntutan ke Mahkamah Konstitusi cuma kekeliruan tulis ataupun penghitungan. Menurut Maqdir, kekeliruan itu mungkin berlangsung pada kalkulator yang dipakai untuk lakukan perhitungan.

” Itu kan manusiawi bila masalah jumlah persentase. Yang utama mari kita tengok substansinya. Kalkulator juga, kan terkadang dia tidak hingga (perhitungan) seperti itu, ” kata Maqdir waktu dihubungi, Minggu (27/7/2014).

Menurut Maqdir, kekeliruan itu yaitu hal yang manusiawi. Tim Pembela Merah Putih ini meyakini berlangsung pelanggaran atau mungkin kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu Presiden 2014. Maqdir juga menyesalkan sekurang-kurangnya saat yang didapatkan MK agar bisa ajukan tuntutan.

” Dapat pikirkan, melakukan perbaikan itu cuma sehari, lalu untuk menyiapkan permintaan cuma dalam tiga hari, ” kata dia.

Dalam berkas tuntutan yang diupload website resmi MK, ada beberapa kejanggalan pada berkas teresbut. Ada dua file PDF diisi berkas tuntutan yang diupload MK di website situs resminya. Berkas awal sejumlah 55 halaman. Adapun berkas yang telah diperbaiki sejumlah 147 halaman.

Kejanggalan banyak berlangsung di dokumen awal tuntutan. Satu diantaranya poin 4. 7 halaman 8 sisi Pokok Permintaan, Prabowo-Hatta mengklaim kemenangan dalam Pemilu Presiden 2014 dengan perolehan nada 67. 139. 153 atau mungkin 50, 25 %, sedang pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 66. 435. 124 nada atau mungkin 49, 74 %. Keseluruhan persentase nada yang telah dibulatkan itu tak meraih 100 %, namun 99, 99 %. Angka persentase ini ditulis sama di seluruhnya sisi berkas itu. Pembulatan angka pada persentase nada punya Prabowo-Hatta semestinya 50, 26 %.

Dalam dokumen yang telah direvisi, angka persentase perolehan nada Prabowo-Hatta terus tak beralih, yaitu 50, 25 %. Adapun bagian-bagian yang kosong di Papua Barat telah di hilangkan, namun terus tak mengatakan nama PNS serta TPS yang disebut.(baca kompas com)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: