//
you're reading...
Nasional

CT Ingin Buat ‘Jembatan Laut’ di Selat Sunda

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung (detik com)

Untuk mengefisiensikan arus distribusi barang dari Sumatera ke Jawa, serta sebaliknya, Menko Perekonomian Chairul Tanjung memiliki inspirasi untuk bikin rencana ‘jembatan laut’ di Selat Sunda. Apakah itu?

Rencana atau mungkin inspirasi ini yaitu bikin transportasi kapal yang bakal senantiasa ada atau mungkin mondar mandir di Selat Sunda, untuk mengantarkan barang dari dua pulau itu. Inspirasi ini nampak lantaran lihat proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) yang tetap lama terbangunnya.

Nanti, ‘jembatan laut’ ini dapat bakal mengantarkan barang dari Jawa menuju tol Trans Sumatera yang bakal di bangun.

” Sembari menanti JSS, namun itu kan lama bila menanti JSS, menurut saya itu lama. Kita mesti memikirkan mencari jalan keluar yang cepat. Saya mempunyai inspirasi mesti bangun jembatan laut. Jembatan yang gunakan kapal selalu menyambung ke tol Trans Sumatera. Itu bakal terwujud efisiensi, ” tutur pria yang akrab disapa CT waktu open house di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (28/7/2014).

” Jadi jembatan laut ini rencananya serupa dengan tol lautnya Pak Jokowi. Kita gunakan kapal yang mondar mandir angkut barang, ” ungkap CT.

Inspirasi ini nampak sesudah dianya memonitor keadaan pelabuhan Merak, Banten serta Bakauheni, Lampung mendekati lebaran sebagian hari kemarin.

” Lantaran sesudah saya awasi dari hawa, pada Merak serta Bakauheni itu jauh juga. Bila tunggulah JSS jadi ingin berapakah lama. Jadi kita pikir yang cepat yang murah. Sembari tunggulah JSS jadi kita juga siapkan jembatan laut, ” kata CT

Untuk merealisasikan inspirasi ini, CT mau mengajak Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk lakukan pelebaran pelabuhan Bakauheni, hingga dapat muat untuk sandar 10 kapal besar.

Tetapi, tetap ada persoalan untuk pelebaran Pelabuhan Merak. CT menerangkan, ada tempat yg tidak dapat dibebaskan untuk pelebaran Pelabuhan Merak. Tetapi CT tidak habis akal, dianya mempunyai inspirasi untuk memindahkan Pelabuhan Merak.

” Bila saya sebut ada Mbah Merak, itu lokasi yang ada di dalam yg tidak dapat dibebaskan. Jadi saya memikirkan supaya pelabuhan Merak itu dipindahkan. Saya minta Kemenhub ada biaya 2015 yang dialokasikan untuk FS (feaslibility study/studi kelayakan), ” kata CT.

” Bila tak dapat dibebaskan, ya kita pindahkan saja, kita buat style (pelabuhan) Kalibaru lantaran lebih cepet serta efektif. Tak ada lagi truk parkir hingga keluar tol. Merak-Bakauheni itu jalan keluar yang kita mengerti, ” terang CT.

Dia menyampaikan, inspirasi jembatan laut ini tak lagi bikin gagasan pembangunan JSS batal. Proyek JSS tetap selalu jalan.

” JSS tak ada persoalan namun tak dapat menanti JSS, saya maunya demikian. Saat tinggal 2, 5 bln. lagi pemerintahan ini, jadi tidak ingin menanti, ” ucap CT.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: