//
you're reading...
Nasional

Hari Ke-2 Idul Fitri Area Puncak Macet

puncak macet

Macet menuju Puncak. ANTARA/Arif Firmansyah

Arus jalan raya di jalur Puncak telah mulai alami penambahan pada Lebaran hari ke-2, Selasa, 29 Juli 2014. Bahkan juga antrean beberapa ribu kendaraan roda dua serta empat yang didominasi pelat nomor polisi B (Jakarta) telah memadati jalur puncak dari jam 06. 00 WIB. Mengakibatkan, kemacetan arus jalan raya di lokasi Puncak juga tak bisa terhindarkan.

“Kondisi kepadatan arus jalan raya di beberapa ruas di Kabupaten Bogor telah alami penambahan lantaran Kabupaten Bogor ini bukan hanya tujuan mudik, walau demikian adalah tujuan wisata, ” kata Kepala Polisi Resor Bogor Ajun Komisaris Besar Sonny Mulvianto Utomo waktu didapati di Gadog, Puncak, Selasa, 29 Juli 2014.

Dia menyampaikan, spesial untuk jalur Puncak, penambahan volume kendaraan bermotor punya orang-orang yang bakal liburan ke beberapa tempat wisata di Puncak telah alami penambahan mulai sejak pagi hari. “Sejak jam 06. 00, antrean kendaraan yang menuju Puncak telah tampak dari Gerbang Jalan Tol Ciawi sampai 1 km. serta selalu memanjang sampai lokasi Puncak, ” katanya.

Menurut dia, Penambahan volume kendaraan dari arah Jakarta ini menyebabkan keadaan arus jalan raya di jalur Puncak alami macet keseluruhan selama 10 km., hingga memaksa petugas Kepolisian Resor Bogor memberlakukan system satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak. ” Pada jam 09. 00, kami terpaksa memberlakukan satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak serta tutup jalur dari arah Puncak menuju Jakarta supaya tak berlangsung kemacetan yang cukup kronis. ”

Tetapi, sesudah satu jam pemberlakukan system stu arah, keadaan kemacetan arus jalan raya di Puncak makin kronis. Pasalnya, beberapa ribu kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak alami penambahan. “Akhirnya, seputar jam 10. 30, kami kembali menormalkan arus jalan raya dengan memberlakukan kembali dua ruas jalur, untuk salah wujud mengurai kepadatan arus jalan raya, ” katanya.

Sesaat itu, Wulan, 32 th., pengemudi asal Depok yang bakal berwisata ke Puncak, mengakui lebih dari satu jam terjerat macet di jalur Puncak. “Mulai sebelum saat Gerbang Jalan Tol Ciawi, keadaan kendaraan telah antre, serta diperparah lagi sesudah melalui Gerbang Jalan Tol Ciawi ke arah Puncak, saya mulai terjerat macet, ” kanya.

Dia menjelaskan, bila pada hari normal serta keadaan arus jalan raya tengah lancar, dianya dapat hingga Puncak cuma dengan meniti perjalanan 30 menit. Tetapi, sekarang ini, telah lebih satu jam dia baru sukses meniti perjalanan 3 km. saja. “Enggak tahu hingga jam berapakah saya serta keluarga dapat ke Taman Safari Indonesia, ” keluhnya.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: