//
you're reading...
Dunia

Abu Bakr Al-Baghdadi adalah Pemimpin ISIS

140731151156_abu_bkar_al_baghdadi_512x288_ap_nocredit

Baghdadi dipandang lebih memiliki pengetahuan Islam dibandingkan Bin Laden dan al-Zawahiri.

Tanggal 5 Juli, Abu Bakr al-Baghdadi adalah tokoh yang diketahui diantara beberapa pendukungnya sebagai Khalifah Ibrahim, untuk pertama kalinya menunjukkan wajahnya ketika khotbah hari Jumat di Mosul, Irak.
Pada awal mulanya sebagian fotonya memanglah dibocorkan, namun abu bakr al-baghdadi sendiri tak tampak di depan umum sepanjang empat thn mulai sejak jadi pemimpin grup yang pada awal mulanya bernama Negara Islami Jihadis Irak, nama sebelum saat Klik ISIS, yang saat ini jadi Negara Islami.

Sebelum saat April 2013, Baghdadi juga tak terlampau bnyk keluarkan pesan audio.
Pernyataan tercatat pertamanya yaitu sambutannya pada tewasnya Osama Bin Laden ketika bln Mei 2011.
Pesan audio pertamanya dikeluarkan bln Juli 2012, diisi ramalan kemenangan Negara Islam di hari esok.
Mulai sejak kemunculan grup itu, 15 bln lalu, info perihal Baghdadi yang disiapkan untuk media meningkat.
Jumlah info khusus perihal latar belakangnya juga bertambah.

Keturunan Nabi Muhammad
Bln Juli 2013, pakar ideologi asal Bahrain, Turki al-Binali, yang memakai nama Abu Humam Bakr bin Abd al-Aziz al-Athari, menulis biografi Baghdadi terlebih untuk menggarisbawahi histori keluarga Baghdadi.
Dia menyebutkan Baghdadi memanglah keturunan Nabi Muhammad, satu diantara kriteria kunci saat sejarah Islam untuk jadi khalifah atau mungkin pemimpin seluruhnya warga Muslim.

140731151848_baghdadi_512x288_bbc_nocredit

Sebelumnya tidak begitu banyak foto Baghdadi yang beredar.

abu bakr al-baghdadi siapa yang belum tahu, ia disebutkan datang dari suku al-Bu Badri, yang sebagian besar ada di Samarra serta Diyala, Baghdad utara serta timur, serta dengan cara historis penduduknya diketahui sebagai keturunan Muhammad.
Turki al-Binali lalu menyebutkan bahwasanya sebelum invasi Amerika Serikat pada Irak, Baghdadi terima gelar doktor dari Kampus Islamis Baghdad, yang memusatkan kajian pada kebudayaan, histori, hukum serta jurisprudensi Islam.
Baghdadi pernah berkhotbah di Masjid Imam Ahmad ibn Hanbal di Samarra.
abu bakr al-baghdadi adalah mempunyai profil tak mempunyai gelar dari instansi keagamaan Sunni seperti Kampus al-Azhar di Kairo atau mungkin Kampus Islami Madinah di Arab Saudi.
Walau demikian dia lebih mempunyai pengalaman pendidikan Islam tradisional dibanding pemimpin al-Qaida, Osama Bin Laden serta Aymen al-Zawahiri, yang keduanya yaitu orang biasa, insinyur serta dokter.
Oleh karena itu abu bakr al-baghdadi terima pujian serta legitimasi yang lebih tinggi diantara pendukungnya,siapa saja akan menghormati abu bakr al-baghdadi

Jadi pemimpin
Sesudah invasi AS pada Irak di thn 2003, Baghdadi serta sebagian rekannya membangun Jamaat Jaysh Ahl al-Sunnah wa-l-Jamaah (JJASJ), Angkatan Bersenjata Grup Warga Sunni, yang beroperasi dari Samarra, Diyala, serta Baghdad.

140731152258_isis_map_512x288_bbc_nocredit

Negara Islam berusaha menguasai daerah kaya minyak di Irak dan Suriah.

Di saat grup ini, Baghdadi jadi pemimpin dewan hukum. Pasukan pimpinan AS menahannya dari bln Februari-Desember 2004, namun membebaskannya lantaran abu bakr al-baghdadi tak di anggap sbg ancaman tingkat tinggi.
Ikuti jejak al-Qaida di Tanah Dua Sungai merubah nama jadi Majlis Shura al-Mujahidin (Dewan Syura Mujahidin) pada permulaan thn 2006, pimpinan JJASJ menyebutkan dukunganya serta penggabungan diri.
Di dalam susunan baru, Baghdadi berhimpun dalam dewan hukum.
Namun selang beberapa saat organisasi menginformasikan pergantian nama kembali diakhir thn 2006 jadi Negara Islam Irak (ISI) Baghdadi jadi pengurus umum dewan hukum propinsi di dalam ” negara ” baru disamping anggota dewan penasehat senior ISI.
Saat pimpinan ISI, Abu Umar al-Baghdadi, wafat pada April 2010, Abu Bakr al-Baghdadi menggantikannya.
Tokoh histori?
Mulai sejak jadi pemimpin Negara Islam, abu bakr al-baghdadi bangun serta menghidupkan kembali organisasi yang berantakan lantaran kebangkitan kesukuan Sunni yang menolaknya sementara di saat yang sama kemampuan militer AS juga meningkat.
Dibanding dgn usaha pertama Negara Islam untuk berkuasa saat sepuluh thn paling akhir, hingga selama ini, meskipun masih menggunakan kekerasan, mereka dilihat lebih sukses walau terus muncul pertanyaan perihal kelangsungannya dalam periode panjang.
Kesuksesan ini sebagian karena mereka memadukan aplikasi hukum keras dgn layanan sosial, disamping juga strategi pemberian umpan.
Bila ditelaah, Negara Islami membidik lokasi di sepanjang Sungai Efrat serta Tigris di samping daerah yang memiliki minyak di Irak serta Suriah.
Baghdadi serta pemimpin Negara Islami lain mengerti monopoli atas energi serta peningkatan kemampuan militer bakal mempermudah penghimpunan kekuatan.
Tak dapat diramalkan dengan cara persis nasib Negara Islam di masa yang akan datang, namun Baghdadi jelas membuat organisasinya jadi lebih diketahui dunia.(baca bbc co uk)

Advertisements

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Foto Ba’asyir Dukung ISIS | BritaOnline.Com - August 2, 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: