//
you're reading...
Dunia

Gencatan Senjata 72 Jam,Israel dan Pejuang Gaza

gencatan sejata 72 jam

Seorang pria Palestina melihat ke rumah tetangganya yang hancur akibat serangan udara Israel dan menewaskan dua anak di Jalur Gaza utara, Kamis (24/7). (ANTARA FOTO/REUTERS/Suhaib Salem/ox/14.)

Gencatan senjata 72 jam pada Israel serta beberapa pejuang Gaza mulai berlaku Jumat. Saat gencatan senjata kemanusiaan diawali jam 0500 GMT (12. 00WIB), langit di Jalur Gaza tenang, meski saat dua jam pada awal mulanya berlangsung serangan sengit Israel serta tembakan roket beberapa pejuang Hamas.

Pada awal mulanya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyampaikan jika gencatan senjata diberlakukan, wakil-wakil Israel serta Palestina, terhitung dari Hamas bakal mulai merundingkan gencatan senjata yang lebih tahan lama di Kairo, saat satu aksi yang dikonfirmasikan oleh Mesir.

Namun pasukan Israel bakal terus di Gaza, imbuhnya, sesudah negara itu menyebutkan tak lagi menyetujui gencatan senjata bila tak mengizinkan pasukannya untuk selalu menghancurkan terowongan-terowongan yang dipakai oleh beberapa pejuang Gaza menyerang wilayahnya.

Saat gencatan senjata diberlakukan, dokter Gaza Belal al-Dabour kirim pesan di Twitter : ” Gencatan senjata ini mesti berikan kami secercah harapan kehidupan kami untuk bulan-bulan yang akan datang sesudah Israel menghancurkan semua punya kami… ”

Sebagian jam pada awal mulanya, tank-tank Israel serta serangan udara membunuh 14 warga Palestina di Jalur Gaza, serta tentara Israel menyampaikan lima tentaranya tewas disebabkan serangan mortir dekat perbatasan dgn daerah Palestina itu.

Meski juga gencatan senjata itu di setujui Hamas, kemampuan utama di Gaza, atas nama seluruhnya grup gerilyawan, seseorang juru bicara gerakan Islam itu menegaskan itu bergantung ketika respon Israel.

” Hamas serta seluruhnya gerakan perlawanan menyetujui gencatan senjata kemanusiaan 72 jam mulai jam 08. 00 saat setempat Jumat yang bakal ditaati seluruhnya gerakan ini bila pihak yang lain juga menaati gencatan senjata itu, ” kata Fawzi Barhum.

Seperti diambil dari AFP, satu sumber kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan ” Israel sudah menyetujui usulan Amerika Serikat serta PBB untuk gencatan senjata kemanusiaan 72 jam yang diawali jam 08. 00 saat setempat Jumat. ”

Gencatan senjata itu yaitu satu prakarsa berbarengan AS serta PBB serta bakal berikan beberapa warga sipil ” peredaan kemelut yang sangatlah dibutuhkan “, kata Kerry di New Delhi.

” Ini memperoleh respon, satu peristiwa peluang — bukan hanya satu akhir. Itu bukan hanya satu jalan keluar, ” ia memperingatkan serta menyampaikan Israel tetap diizinkan lakukan operasi-operasi ” pertahanan ” untuk menghancurkan terowongan-terowongan.

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond menyongsong baik penghentian pertempuran terkini serta terlama dari sebagian gencatan senjata pada awal mulanya.

” Kita saat ini mesti melipat gandakan kembali usaha-usaha kita serta berupaya sekuat tenaga untuk menanggung bahwa ini adalah satu gencatan senjata kekal serta bisa bertahan lama untuk buka jalan untuk diskusi-diskusi utama untuk merampungkan beberapa masalah pokok yang dihadapi ke-2 pihak, ” tuturnya.

Cuma beberapa menit sebelum saat batas waktu gencatan senjata, beberapa pejuang Palestina menembakkan roket-roket ke Israel selatan, lima roket salah satunya jatuh disebabkan dihantam pertahanan-pertahanan rudal, kata radio militer.

Beberapa 14 warga Palestina yang tewas itu terhitung seseorang wanita serta sekurang-kurangnya dua anak-anak disebabkan tembakan tank Israel di Jalu Gaza selatan Jumat pagi, ka badan urusan darurat.

Enam orang dari mereka tewas disebabkan serangan udara Israel di daerah yang sama. Dgn tewasnya mereka itu maka jumlah warga Palestina yang tewas jadi 1. 450 orang mulai sejak serangan Israel di Jalur Gaza diawali 8 Juli.

Mesir mengundang Israel serta Pemerintah Otonomi Palestina kirim delegasi-delegasi ke Kairo untuk perundingan gencatan senjata yang lebih lama.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: