//
you're reading...
Nasional

Mendadak,Ada Surat Pembongkaran Kotak Suara

bongkar kotak suara

Pembongkaran 34 kotak suara di 17 TPS di Desa Ketapang Barang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, oleh Panwaslu Sampang, Sabtu (19/7/2014)

Baru kelurahan Rawa Bunga yang menyerahkan dokumen formulir A5, formulir Daftar Pemilih Terus (DPT) Penambahan, serta formulir Daftar Pemilih Spesial (DPK) penambahan, ke kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (31/7/2014).

Ismail, anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Kecamatan Jatinegara, pada wartawan menyampaikan bahwasanya pihaknya menyadari baru ada satu kelurahan yang menyerahkan dokumen, pasalnya surat yang memerintahkan pembongkaran kotak nada baru tiba malam tadi.

” Saya baru tadi malam diberitahu ada surat, saya ambillah di kantor Jakarta Timur serta segera saya edarkan. Itu juga belum seluruhnya surat saya edarkan lantaran banyak petugas tingkat kelurahan yang tetap mudik di kampung, ” tuturnya.

Tidak cuma petugas di tingkat kelurahan, sebagaian besar petugas di tingkat kecamatan juga kata dia tetap ada di kampung halaman semasing.

Di surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomer 70/KPU-Kota-010. 328846/IV/2014 cuma ditulis hari ini pembongkaran kotak nada di tingkat kelurahan mesti selekasnya dikerjakan.
Tak dijelaskan batas akhir penyerahan dokumen itu dengan cara berjenjang sampai tingkat nasional. Oleh karenanya Ismail mengakui tak keberatan bila banyak kelurahan yang belum menyerahkan dokumennya.

Ia memperkirakan petugas di tingkat kelurahan baru dapat kembali bekerja paling lambat ketika hari Senin depan (4/8), serta ketika hari itu juga ia yakini dokumen dari setiap kelurahan bisa dihimpun di kantor kecamatan, serta bakal segera diserahkan ke petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Kota Madya.

Saat peluang ia juga mengatakan tak ada kewajiban dari petugas untuk mengundang saksi dari semasing pasangan.
Pasalnya di surat itu tak ada instruksi untuk mengikut sertakan saksi dari pasangan. Di Berita Acara yang dipakai juga tak tercantum sisi untuk saksi menandatangi.

Tak didatangkannya saksi pernah mengganggu sistem pembongkaran kotak nada di kantor kelurahan Rawa Bunga.
Saksi dari pasangan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa bernama Budi Mulyono pernah geram-marah di kantor kelurahan, lantaran pihaknya tak didatangkan untuk memonitor pembongkaran.
Walau sebenarnya pembongkaran itu yaitu tindak lanjut dari tuntutan yang diserahkan pasangan nomer urut satu ke Mahkamah Konstitusi.(baca tribunnews com)

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: