//
you're reading...
Teknologi

Kedepannya Arsitektur di Mesin Tenun 3D?

1403410The-Structure-of-Protection-by-Oluwaseyi-Sosanya-dezeen-468-8780x390

Desainer Oluwaseyi Sosanya, lulusan Royal College of Art (RCA), membuka jalannya dalam dunia industri dengan menciptakan mesin tenun. Mesin tenun 3D ini diyakiniakan berkontribusi dalam dunia arsitektur.

Desainer Oluwaseyi Sosanya, lulusan Royal College of Art (RCA), buka jalannya dalam dunia industri dengan membuat mesin tenun. Tidak sama dari mesin tenun pd biasanya, mesin karya Sosanya dapat menghasilkan hasil tenunan rumit dalam tiga dimensi. Menurut dia, mesin ini dapat berperan dalam dunia arsitektur di hari esok.

Semula, Sosanya mempresentasikan hasil tenunan mesinnya sebagai sol sepatu di acara desain tahunan RCA. Kini, Sosanya melihat ada peluang untuk menggunakan hasil kreasinya di dunia arsitektur.

“Ada struktur yang sangat kaku dan ada struktur yang benar-benar lembut. Dalam arsitektur, kita bisa melihat panel kreasi untuk insulasi dan ekstrusi kreasi khusus, memvariasikan properti di seluruh bagiannya, seolah ditenun,” ujar Sosanya.

Mesin tenun ini dikembangkan dalam program Innovation Design Engineering di Royal College of Art. Sosanya mengadaptasi teknologi penggilingan CNC untuk menenun struktur kompleks dalam tiga dimensi. Tidak hanya itu, mesin tersebut juga bisa menenun satu produk dalam berbagai kepadatan.

“Dalam satu ujung balok, Anda memiliki banyak beban dan di ujung lainnya beban lebih ringan, jadi Anda menginginkan lebih sedikit material. Anda bisa menenun struktur ringan dengan proses berkesinambungan. Apa pun yang bisa membuat Anda mengurangi jumlah sambungan, namun menjaga keutuhan struktur, adalah sebuah keuntungan. Ini sebuah manfaat. Jadi, hal ini tidak hanya pengurangan dalam biaya, namun juga keutungan struktur (yang lebih baik),” imbuhnya.

Selain itu, Sosanya juga mengungkapkan bahwa dia sudah berbincang dengan insiyur biologi (bioengineers) di Universitas Brunel. Ke depannya, Sosanya juga ingin bertemu dengan para pemimpin industri dalam bidang serupa, dan meningkatkan proyek ini ke tingkat selanjutnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa temuan Sosanya bisa mendorong kemunculan temuan serupa yang bisa memajukan dunia arsitektur. Hanya saja, sejauh ini temuan Sosanya sendiri baru bisa memproduksi barang-barang dalam skala kecil. Selain sol sepatu, Sosanya juga melihat adanya kemungkinan produksi barang-barang medis.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: