//
you're reading...
Unik Aneh

Mayat Manusia Rawa-Rawa 2000 Tahun

manusia rawa rawa

Kondisi mayat berusia 2.000 tahun ini masih utuh karena terendam dalam rawa-rawa gambut.

Tiga puluh empat thn silam, seseorang pria pemotong rumput dengan cara tak berniat temukan potongan badan manusia tak bernyawa di suatu rawa-rawa gambut di Desa Cheshire, Inggris.

Mayat itu awal mulanya disangka potongan kayu. Pria itu lalu mengambil keputusan untuk meneruskan kerjanya. Tetapi langkahnya berhenti, lantaran dia temukan potongan kaki manusia tak jauh dari temuan pertama.

Terakhir, sesudah di teliti beberapa pakar, potongan-potongan badan manusia itu yaitu pria berumur 25 thn, tinggi seputar 168 cm dgn berat pada 60-65 kg.

Arkeolog Rick Turner, yang bertindak besar dalam riset arkeologis pada ” manusia rawa-rawa ” itu, tetap teringat apa yang dia rasakan waktu itu.

” Itu yaitu hari-hari yang paling menarik dalam karier arkeologi saya, ” kata Rick Turner.

Pria malang itu diprediksikan wafat dunia seputar 2. 000 thn silam, yakni pada dua thn sebelum saat Masehi atau mungkin thn 115 Masehi.

Keadaan badannya relatif utuh lantaran terawetkan dgn baik dalam rawa-rawa gambut. ” Tersebut penyebab kulitnya relatif utuh, rambut serta jenggotnya terpelihara dgn baik, ” kata Rick Turner.

” Ini untuk pertama kalinya, kita bisa lihat muka seorang dari saat pra-sejarah Inggris. ”

Lindow man

Beberapa pakar lalu menyebutkan pria itu untuk Lindow man, mengacu pd tempat temuan mayat itu di lokasi rawa gambut Lindow moss.

Dia juga kerap dikatakan sebagai Lindow II, lantaran pada awal mulanya diketemukan ” mayat sama ” di tempat yang sama.

Selesai di teliti, badan pria itu lalu disimpan di British Museum, London. Juru bicara museum itu menyampaikan, ” Temuan ini adalah satu diantara temuan arkeologi paling utama pd thn 1980-an yang menyebabkan sensasi di mass media “.

Pria malang itu diprediksikan wafat dunia seputar 2. 000 thn silam, yakni pada dua thn sebelum saat Masehi atautahun 115 sesudah Masehi.

Ritual pengorbanan

Hasil riset beberapa pakar mengatakan, pria itu tewas dengan cara mengerikan. Dia dipukul pd sisi atas kepalanya dgn benda berat serta dihajar tulang rusuknya.

Temuan tali tidak tebal di lehernya, dia besar kemungkinan dicekik sampai mematahkan lehernya, sebelum saat dibenamkan dalam rawa-rawa.

Meskipun tetap jadi perbincangan diantara beberapa pakar, kemungkinan pria itu dibunuh untuk suatu ritual pengorbanan.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: